Wednesday, November 01, 2006

SMS Lebaran

Diantara sekian banyak ungkapan atau ucapan selamat (arab: tahni’ah) dalam suasana hari ‘Ied Al-Fithr, nyaris semuanya tidak ada riwayatnya yang berasal dari Rasulullah SAW. Kecuali lafadz taqabbalallahu minaa wa minka, yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bila bertemu pada hari raya, maka berkata sebagian mereka kepada yang lainnya : Taqabbalallahu minnaa wa minkum (Semoga Allah menerima dari kami dan darimu)”.

Ibnu Qudamah dalam “Al-Mughni” (2/259) menyebutkan bahwa Muhammad bin Ziyad berkata : “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan selainnya dari kalangan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka bila kembali dari shalat Id berkata sebagiannya kepada sebagian yang lain : Taqabbalallahu minnaa wa minka.
Beberapa shahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang artinya puasaku dan puasa kalian. Jadi ucapan ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.
Berdasarkan hal tersebut di atas... tahun ini aku tidak puitis spt tahun kmrn... tp kirim sms spt di bawah ini... biar lbh bermakna... Sekaligus IRIT... :)

Assalamu'alaikum Wr Wb

Taqobbalallahu minna waminkum...
Shiyamana washiyamakum...

Semalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1427 H

MOHON MAAF Lahir & Batin...

Wassalamu'alaikum Wr Wb


Balasan dr tmn2ku:



Sungguh kata2mu bagai mutiara kata yang indah... Menyentuh Qolbu... Tenteramkan Hati... aku tak bisa berkata2.. hanya bisa mengucap... Taqobbal yaa kariim.. MOHON MAAF Lahir & Batin..

Secarik lembaran cerita terus berganti... ada kekhilafan belum terlunasi… kini saatnya menghapus kesalahan diri… Selamat hari Raya Idul Fitri… Mohon MAAF lahir & batin..

BERJUMPA dengan RAMADHAN adalah KENIKMATAN, MENYIA-NYIAKAN RAMADHAN adalah KERUGIAN, BERPISAH dengan RAMADHAN adalah KESEDIHAN, namun PINTU MAAFmu adalah sesuatu yang MEMBAHAGIAKAN…

Saat tirai kesalahan terbuka.. bermacam2 khilaf bertebaran.. terbawa angin menuju hujan maaf yang mensucikan hati & bersihkan jiwa..

Sebelum Hari Raya tiba.. Sebelum sinyal hilang.. Sebelum Operator sibuk.. Sebelum SMS pending.. & Sebelum pulsa habis..aku mau ngucapin.. Minal Aidin Wal Faidzin.. MOHON MAAF LAHIR & BATIN..

Setahun berlalu.. Mengendap dosa lisan & perbuatanku.. Setetes bait MAAF untuk selaut keKHILAFanku.. Beralas IKHLAS.. Membasuh hati tuk kembali FITRI..

Debu kesalahan dalam hamparan pasir kekhilafanku tak berarti tanpa embun maaf dalam lapang samudra hatimu.. di Hari Fitri ini Kuharap tulus MAAF darimu...

Seiring datangnya 1 Syawal 1427 H.. Kala ada langkah yang membekas lara, kata yang merangkai dusta.. tingkah yang menoreh luka.. MOHON MAAF LAHIR & BATIN..

Banyak waktu telah terlewat bersamamu.. Banyak kenangan telah terukir.. namun kadang kesalahan menjadi bingkainya.. MOHON MAAF LAHIR & BATIN.. Taqobbalallahu minna waminkum..

KEKHILAFAN adalah KETIDAKSENGAJAAN.. KESALAHAN adalah suatu KEWAJARAN.. KEJUJURAN adalah suatu KEBENARAN.. MEMAAFKAN adalah suatu KEMULIAAN.. Taqobbalallahu minna waminkum..

Kumohon sepercik air maafmu tuk hapus debu khilafku..

No comments: